Menelusuri Keturunan Raja Andi Sudirman Sulaiman hingga ke Raja Bone XVI La Patau Matanna Tikka

Jumat, 23 April 2021 15:27

Sebuah gambar silsilah raja Bone ke XVI yang terpasang di lobi gedung ASS Jl Perintis Kemeredekaan.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –- Para keturunan Paduka Yang Mulia (PYM) Puatta La Patau Matanna Tikka Raja Bone XVI dari seluruh dunia akan bertemu dalam format reuni keluarga tahun ini.

Kegiatan itu bertajuk Pertemuan Akbar Sedunia Wijanna Puatta La Patau Matanna Tikka Sultan Alimuddin Idris Matinroe ri Naga Uleng Mangkau (Raja) Bone XVI. Kegiatan puncak dijadwalkan berlangsung pada bulan Agustus 2021 mendatang.

Sekedar ditekatahui, nama Lapatau Matanna Tikka diabadikan menjadi nama stadion utama di Bone. Stadion ini menjadi arena pembukaan Porda tahun 2006.

Humas panitia, Andi Fahry Makkasau menjelaskan, panitia pelaksana telah terbentuk. Terdiri atas perwakilan rumpun keturunan Puatta La Patau dari berbagai daerah. “Konferensi pers bahkan sudah disiapkan. Insya Allah, 11 Maret 2021,” ujarnya, Selasa, 9 Maret 2021.

Menurutnya, konferensi pers akan dilakukan di Fort Rotterdam. Ketua panitia, Andi Bau Irman Mappanyukki akan tampil memberi penjelasan kepada awak media. Bersama Andi Kumala Idjo (Plt Raja Gowa) dan Andi Baso Hamid (Pemangku Adat Kerajaan Bone).

Andi Muhammad Sapri Pamulu, wakil ketua panitia menambahkan, PYM Puatta La Patau Matanna Tikka Raja Bone XVI yang dikenal dengan gelar anumerta Matinroe ri Naga Uleng ini adalah seorang raja besar yang menjadi simpul leluhur dari hampir semua kaum bangsawan Bugis Makassar yang kini menyebar di seluruh dunia.

Bagikan berita ini:
8
3
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar