Mobil Anda Terkena Lecet? Perbaiki Saja dengan Asuransi Mobil, Ini Caranya

Sabtu, 24 April 2021 05:10

Mobil baru Lucy/BBC

FAJAR.CO.ID — Menggunakan kendaraan untuk beraktivitas sehari hari tentunya membuat kendaraan kesayangan Kita sangat rawan mengalami kecelakaan maupun sekedar lecet karena goresan. Beruntung bagi Anda yang memiliki asuransi yang mengcover semua masalah kendaraan Anda atau yang biasa dikenal dengan asuransi All Risk. Namun sayangnya mengklaim kendaraan yang lecet tak semudah yang dibayangkan, terutama untuk Anda yang menggunakan jenis asuransi TLO atau Total Loss Only.

Secara harafiah asuransi TLO atau asuransi Total Loss Only adalah jenis asuransi mobil yang mengutamakan perlindungan bagi mobil yang hilang atau rusak akibat kecelakaan dengan rata rata batasan kerusakan diatas 75%. Logikanya jika mobil Anda hanya rusak lecet atau rusak dengan tingkat kerusakan yang minor tentunya tak akan dicover oleh asuransi TLO.

Untuk Anda yang menggunakan asuransi All Risk dan mengcover semua kerusakan baik minor maupun kerusakan besar, artikel Kita kali ini akan membahas beberapa hal agar mobil kesayangan Anda yang lecet dapat tercover oleh asuransi yang sudah Anda miliki. Berikut ulasannya :

Membuat Laporan pada Pihak Asuransi

Langkah pertama yang harus Anda lakukan pada saat akan mengklaim asuransi mobil Anda adalah melakukan laporan kepada pihak asuransi. Rata-rata pihak perusahaan asuransi memberikan tenggat waktu laporan maksimal 3×24 jam setelah kejadian mobil Anda mengalami kerusakan. Jika Anda melakukan laporan lebih dari 3×24 jam dapat dipastikan klaim asuransi mobil Anda tak akan di approve oleh pihak penyedia asuransi.

Komentar