Teknologi Digital Pengaruhi Perilaku, Perempuan Bisa Ciptakan Pekerjaan Baru

Minggu, 25 April 2021 12:11

ILUSTRASI. (int)

Kendati demikian, Muhadjir berharap perempuan Indonesia tidak puas hanya menjadi pelaku UMKM saja. Lebih dari itu memiliki motivasi menjadi wirausaha atau pengusaha yang lebih tangguh sehingga dapat berperan di kancah yang lebih luas di bidang ekonomi digital.

“Banyak kajian menunjukkan bahwa perempuan telah menjadi solusi untuk berbagai masalah yang dihadapi oleh negara, baik Indonesia, maupun di negara-negara di berbagai belahan dunia. Pembangunan ekonomi yang melibatkan perempuan dapat tumbuh lebih cepat dan lebih produktif,” ungkapnya.

Berdasarkan data Bank Indonesia, pada tahun 2018 lebih dari 60% UMKM Indonesia dikelola oleh perempuan dan 9,1% Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia berasal dari kontribusi UMKM perempuan.

Oleh karenanya, pemberian akses secara berkala serta edukasi dan sosialisasi literasi digital kepada perempuan akan sangat bermanfaat ke depannya.

“Kemudahan perempuan untuk mendapatkan modal berusaha juga akan membuat perempuan semangat untuk berusaha di bidang digital. Saya yakin perempuan bukan hanya mampu mengurus keluarga, tetapi juga bisa berkontribusi bagi perekonomian,” pungkas Menko PMK. (jpg)

Bagikan berita ini:
7
3
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar