Tolak Berutang, Skema Apa yang Disiapkan Plt Gubernur Bangun Kembali Mattoanging?

Minggu, 25 April 2021 16:25

IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menegaskan akan tetap melanjutkan pembangunan Stadion Mattoanging secara bertahap, namun tidak dengan dana pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Sudirman tidak ingin Pemprov menambah beban utang, apalagi belum lama ini telah dilakukan refocusing anggaran.

Ketua Komisi A Bidang Pemerintahan DPRD Sulsel, Selle KS Dalle menilai, pernyataan itu sifatnya hanya statement politik, bukan kebijakan politik.

Selle menuturkan, jika stadion tidak dibangun melalui skema awal yakni pinjaman dana PEN, lantas skema apa yang dipersiapkan oleh Plt Gubernur Sulsel? Hal itu akan menjadi bahan evaluasi DPRD Sulsel untuk Pemprov.

“Kalau Plt Gubernur tidak mau tindaklanjuti MoU dengan PT SMI, apa alasannya?” gumamnya saat dihubungi, Minggu (25/4/2021).

Lebih lanjut, kata Selle, stadion sudah dibiayai pada tahap DED. Jika skema berubah, tentu akan menimbulkan kerugian.

“Stadion ini harus segera dilanjut! Bukan hanya soal tuntutan supporter PSM, tetapi jauh lebih penting ini adalah aset provinsi yang mesti dimanfaatkan karena include dengan pengamanan aset. Tugas DPRD terkait soal aset provinsi yakni memastikan keamanan dan pemanfaatan aset,” tegas politisi Partai Demokrat itu.

Ditegaskan, pihaknya tidak ingin mengintervensi tetapi ada fungsi pengawasan dan penganggaran yang melekat pada diri legislatif.

Diakui Selle, fungsi penganggaran sudah disupport pada tahun lalu, begitu juga dengan dari sisi DED-nya. Jika berubah ditengah jalan, DPRD ingin mendengar alasan dari Plt Gubernur secara langsung melalui evaluasi.

Bagikan berita ini:
3
4
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar