Kemenangan Sepak Bola Indonesia

  • Bagikan
Persija melakukan selebrasi juara Piala Menpora 2021. (Foto: Liga Indonesia Baru)

Namun, izin yang ditunggu PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 tak kunjung keluar. Pada akhirnya, setelah PSSI menggelar rapat Exco, Liga 1 dan Liga 2 Indonesia secara resmi dihentikan pada Rabu, 20 Januari 2021.

Setelah setahun tanpa kompetisi, kerinduan pencinta dan pelaku sepak bola terobati ketika Kemenpora bisa meyakinkan Kepolisian untuk memberikan izin keramaian kepada PSSI untuk menggelar Piala Menpora 2021. Turnamen ini dimulai 21 Maret lalu.

Ajang ini adalah sebuah pertaruhan besar PSSI, PT LIB, suporter, hingga Kemenpora. Dengan Covid-19 masih mengancam, turnamen yang diikuti 17 klub ini sewaktu-waktu bisa dihentikan jika ada indikasi pelanggaran protokol kesehatan dan muncul klaster baru yang bisa mengganggu upaya pemerintah memerangi virus mematikan ini.

Makanya, penerapan prokes selama bergulirnya Piala Menpora dilakukan dengan sangat ketat. Selain vaksinasi, seluruh pemain, ofisial, wasit, serta pihak lain yang terlibat wajib menjalani tes usap antigen menjelang berlangsungnya pertandingan.

Siapapun yang masuk ke area stadion harus mengenakan gelang sebagai bukti sudah menjalani swab antigen. Warna gelang ini berbeda untuk setiap pertandingan sehingga tidak ada yang bisa menggunakan gelang yang sudah dipakai sebelumnya alias wajib tes swab lagi jika ingin masuk stadion.

Tak sampai di situ, setiap pertandingan Piala Menpora hanya boleh dihadiri maksimal 200 orang. Itu sudah termasuk pemain, pelatih, ofisial, anak gawang, media, tim medis, tamu, panitia, dan kelengkapan pertandingan lainnya. Itu Standard Operating Procedure (SOP) turnamen.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan