Terlibat Narkoba, Nasib 4 ASN Pemkot Makassar Tunggu Keputusan Pengadilan

Senin, 26 April 2021 15:46

ASN Pemkot Makassar yang terlibat kasus narkoba. (IST)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Empat pejabat Pemkot Makassar tersandung kasus narkoba. Mereka kini ditahan di Polrestabes Makassar.

Dengan tersandung hukum, karir yang mereka ukir selama ini terancam sirna begitu saja. Sanksi berat menanti. Dicopot dari jabatan atau bahkan diberhentikan sebagai ASN.

Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Siswanta Attas mengatakan, berdasarkan regulasi yang ada, ada dua opsi yang nantinya akan ditempuh.

Jika ASN yang terjerat kasus narkoba divonis penjara di atas dua tahun, akan diberhentikan.

Sementara jika dibebaskan atau hanya sebatas rehabilitasi, ASN tersebut hanya akan dikenai sanksi disiplin berat. Konsekuensinya dapat berakhir pada pencopotan jabatan.

“Kalau sudah ditetapkan tersangka, baru diberhentikan sementara sebagai ASN. Bisa dicopot kalau sudah ada keputusan inkrah (tetap) pengadilan. Kalau cuman rehab, ASN nya yang aman, jabatannya belum tentu,” jelasnya.

Sebanyak empat oknum pejabat aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota Makassar, diamankan aparat kepolisian. Sebab, mereka diduga terlibat penyalahgunaan narkotika jenis sabu-sabu.

Bagikan berita ini:
6
5
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar