Transgender Diusulkan di KTP, Disdukcapil Makassar Pastikan hanya Dua Kolom Jenis Kelamin

Senin, 26 April 2021 18:49

Perekaman e-KTP

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar memastikan hanya dua kolom jenis kelamin di Kartu Tanda Penduduk (KTP). Tidak memasukkan kolom transgender seperti yang diusulkan belakangan ini.

Kepala Disdukcapil Makassar, Aryati Puspasari Abady mengatakan, pihaknya hanya memasukkan jenis kelamin laki-laki dan perempuan di kolom KTP.

“Sesuai dokumen yang dimiliki, dan hanya ada 2 jenis kelamin,” ujarnya, Senin (26/4/2021).

Terkait pelayanan, Aryati memastikan tidak membeda-bedakan. Semua dilayani dengan baik. Meski itu laki-laki, perempuan atau bahkan transgender.

“Semua masyarakat punya hak untuk memiliki dokumen kependudukan dengan kondisi apapun (Pelayanan Publik yang Inklusif). Jadi tidak ada diskriminasi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pengurus Perkumpulan Suara Kita, Hartoyo mengatakan banyak transgender yang tidak memiliki dokumen kependudukan, seperti KTP-el, KK, dan akta kelahiran.

Kondisi ini mempersulit mereka mengakses layanan publik lain, seperti bidang kesehatan untuk mengurus BPJS Kesehatan, mendapat bantuan sosial, dan lainnya.

“Kawan-kawan transgender ini masih kerap menemui hambatan ketika mengurus layanan publik, terutama terkait administrasi kependudukan. Mungkin karena miskin dan minder, malu, atau hambatan lainnya. Akibatnya, mereka kesulitan mengurus pelayanan publik lain, seperti BPJS-Kes, atau sulit mendapat akses bansos. Padahal banyak di antaranya yang hidup miskin sebagai pengamen dan profesi lainnya,” Hartoyo menjelaskan. (ikbal/fajar)

Bagikan berita ini:
8
9
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar