Soal Isu Nanggala-402 Ditembak Kapal Asing, Begini Respons TNI AL

Selasa, 27 April 2021 15:40

Kapal Selam KRI Nanggala-402 saat latihan pratugas pengamanan perbatasan di perairan Pulau Karimunjawa pada 20 Januari 2...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Spekulasi atas tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402 mulai bermunculan. Beberapa waktu belakangan, muncul isu bahwa kapal ini tenggelam akibat ditembak oleh kapal asing.

Asrena KSAL Laksamana Muda TNI Muhammad Ali membantah isu tersebut. Menurutnya, tidak ada bukti otentik bahwa KRI Nanggala-402 ditembak oleh kapal asing.

“Kapal asing lewat, ini saya rasa berlebihan ya. Kemudian ditembak oleh kapal asing lah,” kata Ali di Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (27/4).

Ali menjelaskan, pada saat KRI Nanggala-402 tenggelam, banyak kapal di sekitarnya. Kapal-kapal di atas air juga memiliki sonar yang bisa mendeteksi keberadaan kapal lainnya.

Apabila KRI Nanggala-402 tenggelam akibat ditembak, maka suara ledakan akan terdengar oleh sonar. “Bahkan oleh telinga, mata pun bisa terlihat bahwa air itu akan naik ke atas sedikit. Jadi tidak ada ledakan pada saat kejadian. itu dari pengamatan kapal-kapal yang ikut latihan bersama KRI Nanggala kemarin,” jelas Ali.

Adapun keluarnya escape suit MK 11 milik awak dari KRI Nanggala-402 diduga karena kapal mengalami keretakan. Pasalnya KRI Nanggala-402 dengan tipe 209/1300 hanya didesain untuk penyelaman laut dangkal.

Bagikan berita ini:
8
7
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar