Zenius Solusi Cerdas Siswa di Masa Pandemi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Pandemi membuat proses belajar mengajar siswa terganggu. Sekolah tatap muka dihilangkan, sebagian besar beralih ke pembelajaran sistem daring.

Sayangnya, kondisi tidak bisa dimaksimalkan. Selain akses jaringan internet yang belum merata, kemampuan guru dalam membuat bahan ajar juga masih terbatas. Hasilnya kemampuan siswa menyerap mata pelajaran jadi terhambat.

Purwadi Sutanto, Direktur Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbud RI mengakui, banyak keluhan dari orang tua dan guru di masa pandemi. Penurunan kompetensi siswa pun sulit dihindari.

"Kondisi ini cukup serius, makanya Kemendikbud terus berupaya untuk menjadi solusi dan jalan keluar terbaik," ujar Purwadi dalam paparan daring bersama media, Rabu, 21 April lalu.

Salah satu upaya pemerintahan dalam hal ini Kemendikbud yakni rencana pembukaan sekolah tatap muka secara terbatas. Selain itu, pelibatan pihak lain seperti swasta atau lembaga belajar untuk sama-sama menghadirkan sistem pendidikan daring yang bisa meningkatkan minat dan kemampuan belajar siswa.

Khusus pelibatan lembaga belajar, Zenius cukup konsen untuk ambil peran. “Kami mengapresiasi kehadiran platform edukasi seperti Zenius atas misinya yang sejalan dengan pemerintah,” lanjut Purwadi.

Zenius merupakan platform edukasi berbasis teknologi, memiliki misi untuk membentuk individu Indonesia yang cerdas, cerah, dan asyik. Metode belajar yang Zenius terapkan berfokus pada pemahaman dasar materi dan pengembangan pola berpikir kritis. Hal ini dicapai dengan membantu siswa mendapatkan pengalaman belajar yang personal, sesuai dengan tahapan belajar serta kemampuan masing-masing. 

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan