KKB Papua sebagai Teroris

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pemerintah dengan tegas mengumumkan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua sebagai teroris.

Sikap pemerintah itu diumumkan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

“Pemerintah menganggap bahwa organisasi dan orang-orang di Papua yang melakukan kekerasan masif dikategorikan sebagai teroris. Ini sesuai dengan ketentuan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2018,” jelas Mahfud MD dalam konferensi pers di Kemenko Polhukam, Kamis (29/4/2021).

Menurut Mahfud, definisi teroris berdasarkan undang-undang adalah siapa pun orang yang merencanakan menggerakkan dan mengorganisasikan terorisme.

Sedangkan terorisme, beber Mahfud MD, adalah setiap perbuatan yang menggunakan kekerasan atau ancaman kekerasan yang menimbulkan suasana teror atau rasa takut secara meluas, yang dapat menimbulkan korban secara massal dan atau menimbulkan kerusakan atau kehancuran terhadap objek vital yang strategis terhadap lingkungan hidup, fasilitas publik atau fasilitas internasional dengan motif ideologi, politik dan keamanan.

“Berdasarkan definisi itu maka apa yang dilakukan KKB dan segala nama organisasinya, dan segala orang-orang yang terafiliasi dengannya adalah tindakan teroris,” tegas Mahfud MD. (bs/eds)

  • Bagikan