Mencengangkan! Indonesia Peringkat Ketiga Jumlah Perokok Terbesar di Dunia

Kamis, 29 April 2021 20:34

Berhenti merokok. Foto Arturs-Budkevics/Shutterstock

FAJAR.CO.ID — Indonesia berada di peringkat ketiga sebagai negara dengan jumlah perokok paling tinggi. Prevalensinya mencapai 33,8 persen atau sekitar 65,7 juta penduduk Indonesia adalah perokok.

Itu disampaikan Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono, dalam diskusi Pemanfaatan Pajak Rokok Daerah (PRD) dan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT), Kamis (29/4/2021).

“Indonesia sebagai peringkat ketiga perokok terbesar, dengan perokok di atas usia 10 tahun,” kata Dante.

Alumnus Universitas Indonesia itu juga mengungkapkan data jumlah perokok anak usia 10 hingga 18 tahun pada 2018 mengalami peningkatan sebesar 9,1 persen.

Menurutnya, hal ini bisa mengurangi kualitas sumber daya manusia (SDM) di masa depan. Dia memperkirakan di masa yang akan datang, SDM di usia produktif akan banyak yang mengalami penurunan kualitas hidup karena sakit jantung, stroke, kanker, ginjal, hingga infeksi paru akibat rokok.

“Data BPJS Kesehatan di tahun 2019 menunjukkan jumlah kasus tidak menular akibat konsumsi tembakau seperti jantung, stroke, kanker adalah 17,5 juta kasus dengan biaya lebih dari Rp16,3 triliun,” ungkap dokter berusia 48 tahun itu. (jpg)

Bagikan berita ini:
1
4
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar