Lili Pintauli Siregar: Komunikasi yang Terjalin Tentu Saja Terkait dengan Tugas KPK

Jumat, 30 April 2021 18:56

Wakil Ketua KPK Lili Pantauli Soregar. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar menegaskan dirinya selalu menjaga harkat dan martabat sebagai insan KPK.

“Saya juga selalu menjaga selektivitas untuk berkomunikasi, menjaga harkat dan martabat diri saya sebagai insan KPK maupun sebagai muruah lembaga KPK,” ucap Lili saat jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (30/4).

Lili membantah pernah menjalin komunikasi dengan Wali Kota nonaktif Tanjungbalai M Syahrial (MS) terkait penanganan perkara di lembaga antirasuah.

M Syahrial merupakan tersangka kasus dugaan suap penanganan perkara di KPK. Ia diduga telah menyuap penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju agar penyelidikan kasus dugaan korupsi di Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai tak ditingkatkan ke tahap penyidikan.

“Saya tegaskan bahwa saya tidak pernah menjalin komunikasi dengan tersangka MS terkait penanganan perkara yang bersangkutan apalagi untuk membantunya dalam perkara yang sedang ditangani KPK,” kata Lili.

Lili mengatakan, dirinya sangat menyadari bahwa sebagai insan KPK terikat dengan kode etik dan peraturan yang melarang untuk berhubungan dengan pihak berperkara.

Meski begitu, sebagai Pimpinan KPK khususnya dalam pelaksanaan tugas pencegahan, Lili mengaku tidak dapat menghindari komunikasi dengan para kepala daerah.

“Komunikasi yang terjalin tentu saja terkait dengan tugas KPK dalam melakukan pencegahan supaya tidak terjadi tindak pidana korupsi,” katanya.

Komentar