Mudik Dilarang, Presiden PKS Ahmad Syaikhu Usulkan Gerakan Pengiriman THR dan Zakat ke Kampung Halaman

Jumat, 30 April 2021 23:10

Presiden PKS Ahmad Syaikhu

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu melakukan silaturahmi ke pengurus Partai NasDem di kantor DPP NasDem, Jakarta Pusat, Jumat (30/4).

Dalam pertemuan tersebut, Syaikhu menggelar pembicaraan kondisi negeri, di antaranya terkait penanganan pandemi Covid-19. Pria Jawa Barat tersebut menyoroti tren kenaikan penularan di berbagai negara.

Dia berharap tsunami Covid-19 seperti di India dan Brazil menjadi pelajaran bagi Indonesia. Dari situ, Syaikhu memahami kebijakan pemerintah melarang mudik pada Idulfitri 1442 Hijriah. Hal itu, kata dia, semata-mata menyelamatkan rakyat dari penularan Covid-19.

“Tidak mudik untuk menghindari keburukan harus lebih diutamakan pada saat pandemi ini,” ujar dia dalam pertemuan dengan pengurus NasDem.

Namun, ujar Syaikhu, pelarangan mudik tentu akan berdampak buruk bagi roda perekonomian di daerah. Daya beli masyarakat akan cenderung melemah.

“Masyarakat kelas menengah bawah dan pelaku UMKM di daerah akan terdampak,” ungkap dia.

Oleh karena itu, Syaikhu mengusulkan agar ada gerakan untuk membantu masyarakat kelas menengah dan bawah. PKS mengusulkan Gerakan Pengiriman THR dan Zakat ke Kampung halaman.

“Bagi masyarakat perkotaan bisa menggencarkan Gerakan Kirim THR dan Salurkan Zakat ke Kampung Halaman. Gerakan ini akan menolong masyarakat kelas menengah bawah di desa-desa. Selain itu, mendorong pemerintah memberikan insentif bagi pelaku usaha UMKM,” ujar dia.

Komentar