Siswa Belum Divaksin, IDI Minta Pemkot Tak Buru-buru Gelar Sekolah Tatap Muka

Jumat, 30 April 2021 10:02

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Makassar, Dr. Siswanto Wahab

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Rencana Pemkot Makassar menggelar sekolah tatap muka belum mendapat dukungan sepenuhnya dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Apalagi para siswa belum menerima vaksin Covid-19.

Ketua IDI Makassar Siswanto Wahab juga mengaku cukup pesimis pergelaran tatap muka dapat dihelat di Makassar jika kondisi masih seperti sekarang.

“Sepanjang anak-anak belum divaksin, itu tidak bisa dijamin. Siapa yang bilang bahwa kasus anak tidak terjadi, dan siapa yang katakan anak-anak tidak meninggal karena Covid. Angkat tanganya. IDI tetap mengatakan keselamatan anak tetap lebih penting,” tegasnya, Jumat (30/4/2021).

Siswanto mengatakan vaksinasi terhadap anak belum begitu teruji, vaksin yang menyebar saat ini rata-rata didesain hanya untuk orang lanjut usia lantaran adanya resiko penularan yang tinggi terhadap mereka.

“Kita berharap beberapa terobosan sekarang ada yang masuk juga fase ke tiga dari calon-calon vaksin yang lain. Tentunya dia akan membentuk modifikasi pada anak-anak. Sampai sekarang kan yang diutamakan untuk usia lanjut, tapi ke depannya (vaksinasi) ini pasti ada,” ucapnya.

Siswanto mengatakan pemerintah tak perlu terburu-buru untuk menggelar tatap muka, sebelum vaksinasi rampung. Apalagi ada wacana sekolah tatap muka yang sebelumnya diharapkan dapat digelar April ini. Kata dia pemerintah tidak boleh euforia hanya karena beberapa masyarakat telah divaksin.

“Apa untungnya digelar cepat. Sekarang kita lihat, dengan euforianya penurunan di India. Kita bisa loh sama dengan dia, kalau jumlah vaksin tidak konstan, yang kedua masyarakat masih abai, dan yang ketiga adanya kegiatan-kegiatan yang berlanjut seperti ini (sekolah) itu bisa terjadi,” bebernya.

Bagikan berita ini:
2
1
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar