Terseret Kasus Suap, Aziz Syamsuddin Dicekal ke Luar Negeri Selama 6 Bulan

Jumat, 30 April 2021 13:02

Azis Syamsuddin

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, membenarkan, pihaknya menerima surat permohonan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mencegah Wakil Ketua DPR RI Aziz Syamsuddin bepergian ke luar negeri. Pencekalan itu berlaku sejak Selasa (27/4) hingga enam bulan ke depan.

“Benar KPK telah mengajukan permohonan pencekalan atas nama Aziz Syamsuddin kepada imigrasi,” kata Kabag Humas Kemenkumham, Tubagus Erif dikonfirmasi, Jumat (30/4).

Erif menyampaikan, pelarangan bepergian ke luar negeri itu dilakukan untuk enam bulan ke depan. “Sesuai peraturan, pencekalan berlaku selama 6 bulan. Pencekalan berlaku sejak tanggal 27 April 2021,” tegas Erif.

Pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK, Ali Fikri mengakui pihaknya mencegah Aziz Syamsuddin untuk tidak bepergian ke luar negeri selama enam bulan ke depan. Selain Aziz, KPK juga mencegah dua pihak lainnya ke luar negeri.

“Benar, KPK pada tanggal 27 April 2021 telah mengirimkan surat ke Ditjen Imigrasi Kemenkumham RI untuk melakukan pelarangan ke luar negeri terhadap tiga orang yang terkait dengan perkara ini,” ucap Ali.

KPK tidak menjelaskan secara rinci siapa dua pihak lainnya yang juga dilarang untuk tidak meninggalkan wilayah Indonesia. “Pelarangan bepergian ke luar tersebut terhitung mulai 27 April 2021 hingga selama enam bulan ke depan,” ucap Ali.

Komentar