Amien Rais Deklarasi Partai Ummat, Viva Yoga: PAN Tidak Merasa Galau

Sabtu, 1 Mei 2021 15:32

Amien Rais

FAJAR.CO.ID, SURABAYA – Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi menyatakan tidak akan gentar dengan Partai Ummat yang didirikan Amien Rais.

Menurut dia, apabila ada mantan anggota dan pengurus PAN yang masuk ke Partai Ummat, itu hanya sebagian kecil saja bukan bedol desa. Sehingga tidak signifikan. “PAN tidak merasa gegana: gelisah, galau, merana,” kata Viva Yoga di Surabaya, Jumat (30/4) malam.

Bahkan, ada tiga anak Amien Rais yang masih ada di tubuh PAN, salah satu di antaranya menjabat ketua di DPP. Sebagaimana diketahui, tiga anak Amien Rais itu antara lain Mumtaz Rais, Hanum Rais, dan Baihaqy Rais.

Mumtaz kini menjabat sebagai Ketua Pembinaan Organisasi dan Keanggotaan (POK) DPP PAN. Sedangkan Hanum Rais dan Baihaqy Rais saat ini tercatat sebagai anggota DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta dari Fraksi PAN.

Viva Yoga optimistis Mumtaz Rais tidak akan hengkang. “Mumtaz dijamin 100 persen. Untuk yang lain saya tidak tahu, karena tidak pernah berkomunikasi,” ujar dia.

Yoga mempersilakan anggota Fraksi PAN DPRD kabupaten/kota atau provinsi menentukan masing-masing pilihan politiknya. Semua anggota PAN di manapun berakal sehat dan rasional.

Menurut dia, mendirikan partai politik itu tidak mudah. Untuk mendapatkan suara sah nasional sehingga memenuhi syarat parliamentary threshold tentunya membutuhkan kerja yang lebih keras lagi. “Menurut UU 7 Tahun 2017 tentang Pemilu disebutkan parliamentary threshold yang lolos di Senayan itu empat persen. Nah, anggota DPRD PAN itu tentu mempertimbangkan dengan hati-hati masa depan dan karir politiknya,” tutur dia.

Komentar