Peringati Mayday, BP Jamsostek dan Plt Gubernur Serahkan Bantuan ke Serikat Pekerja

Sabtu, 1 Mei 2021 11:31

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR- Memperingati Hari Buruh 1 Mei 2021 (Mayday), Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, bersilaturahmi dengan sembilan Serikat Pekerja dan Direksi BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) Wilayah Sulawesi Maluku. Silaturahmi tersebut digelar di Rumah Jabatan Wakil Gubernur Sulsel, Jumat malam (30/4/2021).

Sembilan Serikat Pekerja tersebut, yakni Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Serikat Buruh Seluruh Indonesia (SBSI), Konfederasi Serikat Nusantara (KSN), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Federasi Serikat Pekerja (FSP) Kahutindo, Gabungan Serikat Buruh Nasional (GSBN), Gabungan Serikat Buruh Mandiri Indonesia (GSBMI), dan Federasi Perjuangan Buruh Nasional Konfederasi Serikat Nasional (FPBN KSN).

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menjelaskan, khusus pertemuan dengan BPJS Ketenagakerjaan membahas rencana kerjasama dengan Pemprov Sulsel untuk jaminan kesehatan bagi tenaga non Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Pertemuan tadi ada pembicaraan dengan BPJS Ketenagakerjaan. Sebenarnya justru mereka menyasar di Pemprov dan beberapa ketenagakerjaan untuk tenaga non ASN juga,” jelasnya.

Untuk saat ini, kata Plt Gubernur, jaminan tenaga kerja bagi ASN masih menggunakan Taspen. Tapi di tahun 2029 nanti, dilakukan penyeragaman dengan penggunaan Jaminan Tenaga Kerja menggunakan BPJS Ketenagakerjaan.

“BPJS Ketenagakerjaan ini bagus ya karena bisa mencakup juga JHT (Jaminan Hari Tua),” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Andi Sudirman, dengan Serikat Pekerja dan Serikat Buruh ada pembahasan terkait dengan peningkatan skill pekerja atau buruh melalui pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK), untuk peningkatan kualitas SDM dari para buruh dan pekerja.

Bagikan berita ini:
7
5
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar