Pertempuran di Dekat Nokou, 6 Tentara Tewas

Sabtu, 1 Mei 2021 15:08

Ilustrasi - Foto: ANTARA/REUTERS/Cheick Diouara/am.

FAJAR.CO.ID — Terjadi pertempuran sengit antara tentara Chad dengan kelompok pemberontak pada Kamis (29/4) di dekat Nokou. Dewan militer yang berkuasa di Chad, Jumat (30/4), mengatakan enam tentaranya telah tewas dalam pertempuran di dekat kota utara Nokou itu.

Dewan militer mengeklaim pertempuan tersebut mengakibatkan beberapa ratus orang tewas di pihak pemberontak dan 60 lainnya ditangkap. Baca Juga: Korut, Venezuela, dan Chad Dilarang Masuk AS Kedua belah pihak bertempur pada Kamis (29/4) di dekat Nokou, yang berjarak sekitar 20 km dari tempat di mana mantan presiden Idriss Deby terluka parah pada awal April, menjerumuskan negara ke dalam krisis.

Dewan militer mengatakan telah berhasil menangkis serangan pemberontak ke Nokou, dan bahwa 22 tentaranya sendiri terluka dalam pertempuran itu. “Pencarian buronan terakhir terus berlanjut,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Belum ada komentar langsung dari para pemberontak. Dewan militer yang dijalankan oleh putra Deby, Mahamat Idriss Deby, merebut kekuasaan setelah kematian Deby pada 19 April dan berjanji untuk mengadakan pemilihan dalam waktu 18 bulan. Pemberontak utara telah menolaknya dan terus melawan tentara di gurun pasir.

Transisi dan perselisihan di sekitarnya sedang diawasi dengan ketat di negara yang merupakan kekuatan di Afrika tengah dan sekutu lama Barat melawan militan Islam di seluruh Sahel.

Komentar