Presiden Jokowi Desak Pemda Belanjakan APBD, Plt Gubernur: Sudah 81 Persen dari Target

Sabtu, 1 Mei 2021 22:21

Ilustrasi

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Presiden Joko Widodo baru-baru ini mendesak seluruh kepala daerah untuk segera membelanjakan APBD.

Pasalnya, kata Jokowi belanja daerah menjadi faktor penting dalam menggerakkan ekonomi nasional. Namun, hingga Maret 2021 terdapat anggaran sebesar Rp 182 triliun yang masih mengendap di bank daerah.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan anggaran sejak Februari hingga Maret hampir Rp300 miliar.

“Jadi seharusnya sudah mengalir ke bawah. Dan makanya pertumbuhan-pertumbuhan investasi sekarang tinggi. Sudah 81 persen dari target,” jelas Sudirman, Sabtu, (1/5/2021).

Lebih lanjut kata Sudirman, pergerakan ekonomi yang terjadi di Sulsel sudah mulai membaik utamanya dalam sektor investasi.

“Karena kami menyelesaikan beberapa hal terkait yang tertunda pembayarannya dan sebagainya. Itu sudah kami finalkan dan tinggal 5 persen. Artinya dalam kurun waktu dua bulan itu sudah bisa menggeliatkan kembali usahanya,” jelasnya. (selfi/fajar)

Komentar