Pulihkan UMKM, BSI Disuntik Dana PEN Rp3 Triliun

Minggu, 2 Mei 2021 20:27

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) diharapkan bisa menjangkau ke seluruh masyarakat di daerah. Salah satunya membantu pemberian pinjaman modal secara syariah kepada pelaku UKM.

Wakil Direktur Utama Bank Syariah Indonesia, Ngatari menjelaskan, Bank Syariah Indonesia merupakan penggabungan dari tiga bank syariah, yakni Bank Mandiri Syariah, BRI Syariah, dan BNI Syariah.

BSI berkomitmen ikut menjalankan program Pemulihan Ekonomi Nasional dan aktif menyalurkan pembiayaan. Seperti halnya di Makassar, pencapaian penyaluran pembiayaan diakui cukup bagus.

Dijelaskan, BSI mendapatkan suntikan dana program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahap kedua sebesar Rp 3 triliun untuk disalurkan kepada pelaku industri kecil menengah (IKM).

“Kami sampaikan sisa kuota kami masih banyak, masih cukup besar. Malah permintaan yang cenderung agak menurun,” terangnya dalam gelaran Sarasehan Industri Jasa Keuangan yang digelar Otoritas Jasa Keuangan (OJK), di Hotel Four Point Makassar, Sabtu (1/5/2021).

Untuk itu, Ngatari meminta kepada perusahaan-perusahaan di Makassar untuk bisa turut membantu peningkatan penyaluran pembiayaan dengan menghubungi BSI.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Amir Uskara, menyampaikan, banyak yang menjadi masukan terkait dengan upaya pemulihan ekonomi dan upaya membantu UMKM dari sisi bantuan perbankan syariah Indonesia.

Menurutnya, di Sulsel ada 1,2 juta pelaku UMKM, namun hanya sebagian kecil saja yang bisa mengakses perbankan.

Komentar