Bangun “Istana” di Bawah Tanah, Kakek Zainuddin: hanya Hiburan Semata

Senin, 3 Mei 2021 17:28

AGUNG PRAMON0/FAJAR

FAJAR.CO.ID, BONE — Zainuddin, warga Dusun Caca’e, Desa Awang Cenrana, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Bone viral setelah membangun istana di bawah tanah.

Hal itu terungkap setelah videonya menyebar luas di jagat maya. Dia membangun istana tersebut di halaman rumahnya. Pengerjaannya sudah lebih dari satu tahun. Nanti bulan September baru cukup dua tahun.

Kondisinya saat ini sedang kurang baik. Apalagi setelah diguyur hujan. Tanahnya semakin lembek. Struktur bangunannya juga belum kuat.

Kakek Cireng sapaan karib Zainuddin bertutur bahwa, saat ini dia butuh anggaran Rp50 juta untuk merenovasinya. “Anggaran itu untuk membuat pondasi di atas tanah, lalu membuatkannya plafon. Agar struktur bangunannya kuat,” katanya saat ditemui FAJAR Senin (3/5/2021).

Ada hal yang unik dari cerita bangunan istana di bawah tanah ini. Sebab sang kakek, hanya membuatnya berdasarkan pengalaman tukang batu saat di negeri jirang, Malaysia. Tak ada metode khusus untuk membuatnya. Apalagi mau belajar di Youtube. Sebab sang kakek tidak punya gawai.

Anak dan istri pun sudah meninggalkannya. Kini dia tinggal sendiri di gubuknya. “Saya bangun rumah di bawah tanah ini hanya semata hiburan. Tidak ada yang lain,” ungkap sang kakek. (agung/fajar)

Komentar