Bantuan Kuota Data Internet Sasar 3.500 UKM di Sulsel

Senin, 3 Mei 2021 18:44

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel memberi perhatian khusus kepada pelaku UMKM yang baru dan yang terdampak pandemi. Pemberian kuota diharapkan dapat terbantukan untuk promosi.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel, Malik Faisal menyampaikan, tahapan pertama dan kedua masing-masing akan diberikan kepada 1.750 UKM.

“Program ini merupakan intruksi dari Plt Gubernur Sulsel untuk menggeliatkan ekonomi pelaku UMKM,” ungkap Faisal, Senin (3/5/2021).

Faisal menyampaikan ada sejumlah syarat untuk penerima kuota. Antara lain baru pertama kali online atau membuka usaha di tahun 2021. “Karena yang pertama inilah yang sebenarnya belum punya pasar. Tidak punya pengalaman. Dengan bantuan kuota, minimal dibeli buka dari kuotanya,” paparnya.

Selain UKM baru, program ini juga kata Faisal akan menyasar UKM yang terdampak pandemi. Pemprov Sulsel menganggarkan Rp400 juta untuk mengcover UKM tersebut.

“Sekitar 2 juta yang terdampak pandemi, baik yang terdaftar maupun tidak. Yang terdaftar kurang lebih 1,2 juta. Jadi ada yang terdampak ringan, sedang, berat atau tutup,” jelasnya.

Untuk itu, pihaknya akan berkolaborasi dengan berbagai provider untuk kesiapan fasilitas atau sarana prasarananya Mulai dari Telkomsel, Tri, Indosat, dan lainnya. Hanya saja, bantuan kuota yang diberikan akan sia-sia jika tak dibarengi signal atau jaringan memadai.

“Dimasa pandemi pelaku usaha berdagang melalui online, biar digital secangginh apapun, kalau jaringan tidak ada pergima. Jadi supporting dari provider kita harap bisa memberi fasilitas,” tuturnya.

Komentar