Jamaah Masjid Diusir Karena Pakai Masker, Kemenag Merespons Pakai Kata Hukum Alam

Senin, 3 Mei 2021 12:20

Tak mau lepas masker, jemaah diusir ketua dkm masjid di Medansatria, Kota Bekasi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Agama RI menyesalkan DKM masjid mengusir seorang jemaah hanya gara-gara tak mau melepas masker saat di dalam masjid.

Peristiwa itu terjadi di Masjid Al Amanah, di Kampung Tanahapit, RT 002 RW 09, Medansatria, Kota Bekasi.

Ironisnya, pengusiran jemaah yang hendak salat itu dilakukan langsung Ketua DKM Masjid Al Amanah dan beberapa orang jemaah lainnya.

Kemenag memastikan, tindakan Ketua DKM bernama Abdul Rahman dan pengurus masjid melarang pengguanaan masker saat ibadah adalah tidak benar.

Demikian disampaikam Direktur Jenderal Bina Masyarakat Islam (Dirjen Bimas) Kemenag, Kamaruddin Amin kepada JawaPos.com (jaringan PojokSatu.id), Senin (3/5/2021).

Dalam video yang beredar, pelarangan memakai masker dalam masjid itu, didasarkan Abdul Rohman atas sebuah surat dalam Alquran.

“Sama sekali tidak bisa kita mengatakan bahwa kalau di masjid itu semuanya aman dan dilindungi oleh Allah, tidak mungkin terjadi klaster covid, itu tidak betul,” tegasnya.

Menurutnya, pandemi Covid-19 ini merupakan hukum alam.

Jadi, jika ada penyakit menular, masyarakat harus melakukan pelindungan diri dan tidak bisa pasrah atau mengabaikan protokol kesehatan.

“Karena Tuhan itu sudah menurunkan hukum alam, kalau ada penyakit, ya harus diproteksi. Tidak bisa kita pasrah, fatalisme namanya,” ungkapnya.

Saat ini, kasus sudah didamaikan oleh pihak Polres Bekasi dengan mempertemukan kedua belah pihak.

Komentar