Jika Timbulkan Kerumunan, Kepala Pasar Bakal Dicopot

Senin, 3 Mei 2021 21:00

Suasana Pasar Butung.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kerumunan masyarakat di pusat perbelanjaan menjelang lebaran Idulfitri tak terhindarkan. Baik mal maupun pasar.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengatakan, pihaknya kini sedang berusaha mengurai kerumunan, terutama di pasar. Sehingga kepala pasar diminta untuk bertanggung jawab di wilayahnya masing-masing.

Kata Danny, jika kepala pasar tidak mampu mengurai kerumunan di wilayahnya, maka posisinya diganti.

“Jika ada pasar yang tidak mematuhi ini, maka saya meminta Kepada Dirut Pasar untuk memberhentikan kepala pasar. Kita boleh keras, tapi kita sampaikan secara lembut,”ujarnya, Senin (3/5/2021).

Menurut, Danny, kerumunan di pasar berpotensi menimbulkan klaster baru. Sehingga PD pasar beserta kepala pasar harus menyiapkan cara bagaimana keramaian bisa diurai.

Dirut PD Pasar, Basdir menuturkan, pihaknya akan menerapkan aturan tersebut di seluruh kawasan pasar. Sehingga jika masih terjadi kerumunan, kepala pasar akan dievaluasi.

“Kami akan laksanakan, kalau ada kepala pasar yang tidak melaksanakan Prokes maka akan dievaluasi dan ganti, semua pasar akan diterapkan,”ucapnya.

Menurut Basdir, ada tiga pasar yang menjadi perhatian. Lonjakan pengunjung terjadi begitu besar. Sehingga pengawasan harus lebih ditingkatkan.

“Beberapa pasar tingkat keramaian bertambah menjelang lebaran, misalnyaButung, Sentral, dan Senggol,” jelasnya.

Saat ini PD Pasar membentuk tim yang akan berkeliling pasar mengontrol protokol kesehatan. Memastikan masyarakat tidak terpapar Covid-19.

Komentar