Sindir Gus Miftah? Ustaz Adi Hidayat: Dalam Kitab KH Hasyim Ashari, Haram Muslim Masuk ke Gereja

Senin, 3 Mei 2021 15:31

Tangkapan layar pidato Gus Mifta di Mimbar Gereja. (Instagram)

Dia bilang yang menarik dari kitab KH Hasyim Asy’ari itu adalah ada aliran di tubuh NU yang ikut-ikut ke Gereja. Hasyim Ashari sendiri memberikan fatwa haram ke rumah Ibadah orang lain.

“Yang menarik di halaman-14, bahkan ditemukan ada orang-prang yang ikut-ikutan ke Gereja. Jadi tahun 1930 itu sudah ada ikut-ikutan. KH Hasyim Asy’ari memberikan faktual, tidak boleh ikut-ikutan ke Gereja. Bahkan beliau menghukumi, siapa yang masuk ke sana, memakai simbol-simbol, maka ikut dalam kekafiran mereka,”papar Adi Hidayat.

Sebelumnya, Gus Mifta mengklarifikasi video tersebut. Dia menjelaskan bahwa video itu bukan dalam rangka ikut ritual peribadatan. Tetapi hanya memberikan pidato kebangsaan dalam rangka peresmian Gereja Bethel Indonesia atau GBI. Saat itu, hadir pula Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sekjen PBNU Gus Helmi.

“Saat itu saya hadir bersama Gubernur DKI Jakarta, Mas Anies Baswedan, Sekjen PBNU Gus Helmi, dan beberapa tokoh agama lainya. Dan itu atas undangan mereka, acara yang mereka berikan ke saya pun, judulnya orasi kebangsaan dalam peresmian GBI. Bukan dalam rangka peribadatan, dicatat dalam rangka peresmian bukan dalam rangka peribadatan,” kata Gus Miftah, dikutp Senin (3/4).

Gus Miftah mengakui dihujat habis-habisan oleh netizen. Namun demikian, dirinya tidak menanggapi dan tetap bersyukur.

“Saya dihujat banyak netizen dengan mengatakan Miftah sesat, Miftah kafir, syahadatnya batal dan lain sebagainya. Gus Miftah marah? Enggak, saya bersyukur, alhamdulillah,” lanjutnya. (fin/fajar)

Bagikan berita ini:
5
10
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar