Ancaman Tsunami Covid-19 di Indonesia, Prof Zubairi: Tolong Jangan Remehkan Ini

Selasa, 4 Mei 2021 13:52

Prof. Zubairi Djoerban

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof. Zubairi Djoerban memberikan peringatan soal ancaman gelombang kedua pandemi Covid-19 di Indonesia.

Dia memberikan contoh di Malaysia, kini angka penderita Covid-19 nya kembali melonjak. Bukan tidak mungkin hal yang sama terjadi di Indonesia.

“Gelombang itu mendekat ke Indonesia? Bisa saja. Lihat Malaysia sekarang. Kasus Covid-19-nya meningkat signifikan. Lockdown pun diberlakukan di beberapa kota,” kata Prof Zubairi.

Guru besar Universitas Indonesia itu meminta masyarakat untuk tak meremehkan kondisi pandemi. terlebih dengan adanya varian baru Covid-19 yang jauh lebih ganas.

“Tolong jangan remehkan ini. Kita tahu apa yang terjadi dengan India. Waspada dan bersiap dengan segala kemungkinan,” uangkapnya.

Sebelumnya, Prof Zubairi juga menyoroti adanya kerumunan masyarakat di Pasar Tanah Abang, Jakarta.

Prof Zubairi Djoerban menduga kerumunan yang terjadi di Pasar Tanah Abang jelang Idul Fitri 2021 bisa bersaing dengan kerumunan yang lain.

“Tarik napas dalam-dalam melihat kerumunan di Tanah Abang. Ya, apa mau dikata. Kerumunan ini nanti bersaing dengan kerumunan lainnya. Saling menuntut,” tulis Ketua Satgas Covid-19 dari IDI itu melalui akun Twitter-nya @ProfesorZubairi.

“Yang ini boleh berkerumun, kenapa yang lain enggak. Muncul drama nasional lagi. Ya, mudah-mudahan sehat-sehat semua ya. Amin,” sambung Prof Zubairi Djoerban dalam cuitannya. (msn/fajar)

Komentar