Kejaksaan Agung Kembalikan Berkas Perkara Pembunuhan Laskar FPI

Selasa, 4 Mei 2021 18:58

VERSI POLISI: Adegan rekonstruksi penembakan laskar FPI di tol Jakarta-Cikampek. Empat laskar FPI disebut hendak merebut...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Berkas perkara kasus penembakan empat laskar Front Pembela Islam (FPI) dengan tersangka dua anggota Polda Metro Jaya, FR dan MYO, dinyatakan belum lengkap. Karenanya Kejaksaan Agung mengembalikan berkas tersebut ke penyidik Polri.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspekum) Kejaksaan Agung Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengatakan peneliti Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum (Jampidum) Kejaksaan Agung harus mengembalikan berkas perkara unlawful killing kepada penyidik Bareskrim Polri. Kejaksaan Agung meminta kepada Bareskrim Polri untuk segera melengkapi sesuai petunjuk yang diberikan.

“Hari ini (Selasa, red.) jaksa peneliti Jampidum mengembalikan berkas perkara dugaan tindak pidana pembunuhan atas nama tersangka FR dan tersangka MYO,” katanya, Selasa (4/5).

Berkas perkara tersebut dinyatakan belum lengkap atau P-18 oleh jaksa peneliti pada hari Jumat (30/4) lalu sebagaimana surat P-18 Nomor : B-1609/E.2/Eoh.1/04/2021 tanggal 30 April 2021.

Berkas tersebut dikembalikan lengkap dengan petunjuk-petunjuk dari jaksa peneliti (baik kekurangan kelengkapan formil maupun kekurangan kelengkapan materiel) yang dituangkan dalam surat P-19 Nomor : B/1664/E.2/Eoh.1/05/2021 tanggal 03 Mei 2021 guna dilengkapi oleh penyidik.

“Pengembalian berkas ini guna dilengkapi oleh penyidik,” terangnya.

Sementara, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karonpenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Rusdi Hartono menyatakan pengembalian berkas telah diterima oleh penyidik untuk selanjutnya dikembalikan sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh Kejagung.

Komentar