Lurah Gajahan Dicopot Gibran Rakabuming, Berbuntut Panjang

Selasa, 4 Mei 2021 15:23
Belum ada gambar

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka berdialog dengan seorang pedagang yang akan menjalani vaksinasi COVID-19 di P...

FAJAR.CO.ID, SOLO — Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming mengatakan, lurah dan linmas yang terkait kasus dugaan pungli di Kelurahan Gajahan sudah menghadap kepada inspektorat. Gibran meminta pihak terkait menjalani seluruh proses mengingat kesalahan dan pelanggarannya sudah jelas.

“Kesalahannya sudah jelas, kalau ada warga yang mendukung atau sejenisnya, ya silakan saja. Meski dia tidak menerima uang, dia tetap harus bertanggung jawab,” kata Gibran, seperti dilansir Radar Solo, Senin (3/5).

Gibran menjanjikan ke depan akan lebih memperhatikan linmas, khususnya yang bertugas di kelurahan dan kecamatan. “Linmas nanti akan kami perhatikan lagi,” kata Gibran.

Sementara itu, keputusan Gibran mencopot Suparno dari jabatan Lurah Gajahan ternyata berbuntut panjang. Minggu (2/3) malam, sejumlah pemuda di Kelurahan Gajahan menggelar aksi di depan kantor kelurahan sembari memasang berbagai spanduk dukungan kepada Suparno. Namun, tak lama kemudian dicopot atas permintaan Satpol PP.

“Warga sedikit kecewa dengan keputusan pencopotan lurah ini. Orangnya baik. Kalau masalah pungutan itu kami kurang tahu. Kalau bisa jangan dipecat, ini banyak warga yang memberikan tanda tangan sebagai dukungan kepada Pak Lurah. Nanti kami serahkan ke wali kota,” kata Ketua RT 01 RW 05 Kelurahan Gajahan Joko Purwanto.

“Sampun (sudahlah, Red) saya mengaku salah. Boten nopo-nopo, wong kerjo ki yo sok bener sok salah (Tidak apa-apa, orang kerja itu kadang benar kadang salah). Soal spanduk dukungan, demi Allah saya enggak tahu. Yang penting saya sudah mengakui kalau salah,” tutur Suparno.

Bagikan berita ini:
3
1
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar