Pengunjung Pusat Perbelanjaan Membludak, Tidakkah Kita Berkaca dari India?

Selasa, 4 Mei 2021 13:22

“Seharusnya kita bisa belajar bukan hanya dari tsunami Covid India, tetapi fenomena osilasi pertumbuhan jumlah kasus. Usai Pilkada Serentak tahun lalu, kurva pertumbuhan Covid memang terlihat meningkat setelah itu, termasuk setelah perayaan hari besar keagamaan,” bebernya.

Dia menjelaskan, dari sudut pandang teori jaringan, hal itu dapat dipahami, sebab semakin banyak interaksi langsung antar anggota masyarakat, maka peluang penyebaran virus juga meningkat. Kecuali jika populasi sudah mencapai kekebalan komunal (herd immunity).

Apa yang terjadi di India, dalam bentuk tsunami Covid-19, tentu tidak diharapkan. Namun bukan tidak mungkin hal itu terjadi jika kita membiarkan interaksi sosial kita seolah terlalu percaya diri dan tidak menahan diri.

Yang perlu sangat diwaspadai adalah peluang laju pertunbuhan jumlah kasus yang akan semakin meningkat dalam dua pekan mendatang, seiring dengan peningkatan interaksi sosial akibat persiapan perayaan Idul Fitri.

“Semua elemen masyarakat harus semakin waspada, menahan diri untuk mengurangi interaksi sosial, tetap konsistem menjalankan Prokes serta senantiasa menjaga kesehatan,” tekannya. (endra/fajar)

Bagikan berita ini:
10
4
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar