Pegawai KPK Tidak Lolos Test, Emrus : Bentuk Saja WMP

Rabu, 5 Mei 2021 10:08

Gedung Merah Putih KPK. (MUHAMAD ALI/JAWA POS)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Diberitakan bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah menerima hasil tes wawasan kebangsaan sebagai syarat alih status pegawai ke aparatur sipil negara (ASN) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Salah satu kemungkinan hasilnya, ada pegawai yang lolos, tentu besar kemungkinan diangkat menjadi ASN. Saya ucapkan, selamat. Ada yang tidak lulus, yang bisa jadi segera hengkang dari KPK.

Komunikolog Indonesia Emrus Sihombing mengatakan, siapapun yang hengkang, harus menerima dengan baik dan kesatria. Sebab, proses test tersebut diselengarakan berdasarkan UU. Semua pihak harus menerima, jika mereka benar-benar mengedepankan aturan.

“Di satu sisi, mereka yang keluar dari KPK karena tidak lolos test, tentu jika merasa memiliki idealis dan integritas kukuh, menurut saya, bukan akhir pengabdian mereka memberantas dan mencegah perilaku koruptif di tanah air,” kata Emrus, Selasa (4/5).

Menurutnya, atas dasar pengetahuan dan pengalaman yang luar biasa selama ini di KPK, mereka harus membantu negara dan atau pemerintah untuk membersihkan negeri ini dari perilaku koruptif.

“Bisa dengan membentuk sebuah, sebut saja misalnya, Wadah Mantan Pegawai (WMP) KPK, jadi ada diksi mantan. Perkumpulan ini sekaligus berfungsi semacam check and balances bagi Komisioner, Dewan Pengawas (Dewas) dan Wadah Pegawai (WP) KPK dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi),” paparnya. (khf/fin)

Komentar