Puluhan Warga Meninggal Dunia Masuk Daftar Penerima Bantuan Sosial Eks Penderita Kusta

Rabu, 5 Mei 2021 09:33

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Data bantuan sosial di Dinas Sosial (Dissos) Makassar bermasalah. Banyak yang sudah meninggal dunia, namun tetap dimasukkan sebagai daftar penerima.

Dissos Sulsel telah menerima data 400 orang calon penerima bantuan jaminan hidup eks penderita kusta dari Dissos Makassar.

Namun data tersebut bermasalah. Ada 53 orang yang sudah dinyatakan meninggal dunia, namun tetap masuk dalam daftar.

Alokasi anggaran bantuan penderita kusta tahun ini memang cukup besar. Yakni Rp720 juta. Per orangnya, akan mendapatkan bantuan sebanyak Rp1,8 juta selama setahun, yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial dan Penyandang Disabilitas, dan Lanjut Usia Dissos Sulsel Muhammad Bakri mengatakan, usulan penerima tersebut telah diterima awal 2021. Ada sekitar 400 orang, yang dimasukkan oleh pemkot untuk mendapat bantuan eks penderita kusta.

Namun belum lama ini Plt Kadis Sosial Sulsel Hasan Basri Ambarala, merasa ada yang janggal. Pimpiman, kata dia, lalu memerintahkan agar ada verifikasi data di lapangan, untuk memastikan sasaran penerimanya. Jangan sampai , ada yang tak sesuai dengan laporan.

“Ternyata saat tim turun di lapangan ada 40 orang yang sudah dinyatakan meninggal dunia. Kebutuhan memang, penerimanya ini di satu lokasi, yakni Jalan Dangko di Kecamatan Tamalatea,” bebernya kepada FAJAR di kantornya, kemarin.

Bagikan berita ini:
2
3
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar