AHY Dinilai Sukses Menyolidkan Kader dan Pengurus Demokrat

Kamis, 6 Mei 2021 20:42

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menggelar konsolidasi dengan para pimpinan cabang partai terse...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Melejitnya elektabilitas Partai Demokrat yang konsisten terlihat dari survei nasional dari tiga lembaga yang berbeda. Kinerja Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai ketua umum sebagai ketum parpol termuda pun mendapat banyak apresiasi.

Pengamat politik dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun mengatakan kemampuan AHY melakukan konsolidasi internal langsung ke daerah-daerah dengan protokol kesehatan yang ketat serta prahara upaya perampasan Partai Demokrat oleh pihak eksternal, diyakini menjadi faktor-faktor pendorong kenaikan elektabilitas ini.

“Tantangan yang dialami Partai Demokrat saat berupaya lolos dari konflik kudeta oleh pihak luar tentu saja tidak ringan,” ujar Ubedilah kepada wartawan, Kamis (6/5).

Karena, rekam jejak selama ini menunjukkan, upaya pemecahan parpol seperti itu cenderung mendapat restu pemerintah dengan cara mengesahkan hasil Kongres Luar Biasa (KLB).

“Boleh dibilang hanya Partai Demokrat yang berhasil lolos dengan utuh dan sebaliknya, pihak yang mencoba merampas kini tercerai berai,” ujar Ubedilah.

Ubedilah, yang pernah menjadi salah satu pimpinan gerakan mahasiswa 98, memperkirakan ketepatan dan kecepatan AHY melakukan konsolidasi internal merupakan salah satu kunci keberhasilan Demokrat berhasil bertahan melawati konflik itu.

“AHY bergerak dengan cepat, berani di waktu yang tepat. Dia bisa menunjukkan secara jelas pada publik dan media bahwa seluruh jajaran Partai Demokrat hingga tingkat DPC, kompak di belakang AHY, termasuk seluruh pemilik suara dalam kongres. Ini yang tidak bisa ditunjukkan oleh Moeldoko dan kawan-kawannya,” katanya.

Bagikan berita ini:
10
1
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar