BMKG Ingatkan Ancaman Hujan Lebat hingga Banjir Bandang untuk 21 Provinsi, Salah Satunya Sulsel

Kamis, 6 Mei 2021 11:23

Kepala BPBD Sulsel, Nimal Lahamang

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sulawesi Selatan masuk dalam daftar 21 provinsi yang berpotensi terjadi hujan lebat yang dapat mengakibatkan banjir bandang berlaku 06 Mei 2021 pukul 07.00 wib s/d 07 Mei 2021 pukul 07.00.

Hal ini sesuai keterangan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Dari 21 provinsi tersebut, 5 provinsi dalam status siaga, diantaranya, Aceh, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tengah.

Sedangkan dalam status waspada terdapat 16 provinsi, yakni Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Tengah dan awa Timur.

Selain itu, ada Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku dan Papua.

Prakirawan BMKg Wilayah IV Makassar, Rizky Yudha mengatakan, wilayah sulsel memang masuk kategori dampak siaga.

“Memang saat ini hujan di wilayah Sulsel terjadi secara merata sampai dengan tanggal 7 Mei 2021,” katanya, kepada Fajar.co.id, Kamis, (6/5/2021).

“Potensi hujan secara umum ringan – sedang, kecuali di wilayah pesisir timur potensi sedang – lebat,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Sulsel, Nimal Lahamang mengungkapkan, pihaknya telah mengantisipasi peringatan yang disampaikan BMKG.

“Kami sudah koordinasi dengan kabupaten/kota,” ujarnya, ketika ditemui di Kantor Gubernur. (selfi/fajar)

Bagikan berita ini:
3
9
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar