Menunggak, Gaji Tenaga Kontrak Guru Akan Diberikan Bertahap

Kamis, 6 Mei 2021 21:59

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Gaji tenaga kontrak di lingkup Pemerintah Kota Makassar akan diberikan bertahap. Tidak bisa sekaligus.

Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Makassar, Nielma Palamba menyebut, dana yang masuk kas dinas terbatas. Sehingga anggaran tidak bisa menutupi seluruh gaji tenaga kontrak tersebut.

Meski demikian, Disdik berkomitmen untuk tetap membayar gaji yang tertunda. Apalagi para guru kontrak ini telah bekerja sejak awal.

“Kita carikan solusi. Semoga hari ini sudah bisa dibayarkan atau paling lambat Jumat sudah masuk untuk Maret. Nanti diminta lagi ke keuangan untuk April baru ditransfer lagi,” ujarnya, Kamis (6/5/2021).

Nielma menjelaskan, keterlambatan pencairan gaji ini tidak hanya terjadi di Disdik saja. Tetapi juga terjadi di organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya.

“Ada yang tanya kenpa OPD lain sudah lebih dahulu cair, itu karena jumlahnya sedikit. Hanya 100 sampai 150, jadi cepat. Kalau di Disdik ada 2.000-an dan itu divalidasi dan dievaluasi realtime,” terangnya.

Terkait surat keputusan (SK) yang belum ditanda tangani Pj Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin, Nielma menyebut sudah ada solusi. Yakni melalui tanda tangan sekretaris daerah (Sekda) atas nama Pj Wali Kota.

“Sebenarnya belum ada SK-nya. Tetapi karena rasa kemanusiaan jadi saya bayar. Karena saya yakin ada solusi sehingga saya berani bayar untuk Januari dan Februari,” tuturnya.

Bagikan berita ini:
8
9
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar