Pembuat Soal Tes Wawasan Kebangsaan di KPK, FIrli Bahuri Sebut BIN dan BAIS TNI

Kamis, 6 Mei 2021 09:22

Ketua KPK Firli Bahuri

FAJAR.CO.ID, JAKARTA— Ketua KPK Firli Bahuri menyebut materi tes wawasan kebangsaan pegawai KPK bukan berasal dari KPK yang akan beralih status jadi ASN.

Hal itu kembali disampaikan oleh Ketua KPK, Firli Bahuri usai menyampaikan hasil tes wawasan kebangsaan di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

Dalam pengumuman hari ini, sebanyak 1.274 pegawai KPK memenuhi syarat, 75 pegawai tidak memenuhi syarat dan 2 pegawai tidak hadir wawancara saat proses peralihan menjadi ASN.

Saat ditanya soal materi tes tersebut, Firli mengatakan bahwa materi tes wawasan kebangsaan bukan dari KPK.

“Materi terkait tes wawasan kebangsaan, mohon maaf itu bukan materi KPK. Karena tadi sudah disampaikan yang membuat materi siapa, penanggung jawabnya siapa, kan jelas tadi,” ujar Firli kepada wartawan, Rabu (5/5).

Akan tetapi kata Firli, ada beberapa persyaratan untuk seseorang menjadi ASN. Diantaranya, setia kepada Pancasila, UUD 1945, NKRI dan pemerintah;

“Dan ada juga disebut dengan memenuhi persyaratan lainnya, yang dimaksud adalah tidak terlibat dalam kegiatan organisasi terlarang oleh UU maupun pemerintah,” jelas Firli.

Firli pun mempersilakan wartawan untuk bertanya langsung kepada para pembuat materi tes tersebut.

“Kalau nanya materi mohon maaf, anda boleh tanya dengan yang membuat materi, tadi ada kan, BAIS ya, BAIS TNI, Pusat Intelijen Angkatan Darat, sama BIN, BIN juga bukan buat materi, , ada lima ya, saya kira itu ya,” pungkas Firli.

Bagikan berita ini:
2
9
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar