Pemkot Uji Coba Sekolah Setelah Lebaran, Siswa Dirapid Antigen

Kamis, 6 Mei 2021 22:26

Ilustrasi sekolah tatap muka

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah Kota Makassar bakal mencoba menerapkan kembali sekolah tatap muka setelah lebaran.

Namun sebelum kembali ke sekolah, seluruh siswa Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan dirapid antigen terlebih dahulu. Hal itu dilakukan untuk memastikan siswa sehat dan bebas dari virus Covid-19.

Data yang dihimpun, setidaknya ada 201.355 peserta didik se-Kota Makassar. Terbagi 107.457 SD Negeri, 30.546 SD swasta, 38.128 SMP Negeri, dan 25.224 SD swasta.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengatakan rapid test antigen juga akan menyeleksi siswa yang akan mengikuti uji coba. Hanya peserta didik yang sehat yang akan diikutkan.

“Ada 100 ribu lebih siswa SD-SMP negeri dan swasta akan segera kami testing swab antigen. Jadi kalau dinyatakan sehat maka kita akan undang sekolah tatap muka. InsyaAllah setelah lebaran kita mulai,” kata Danny, Kamis (6/5/2021).

Dia mengemukakan, pemeriksaan ini dilakukan untuk menyikapi usia anak sekolah yang belum memenuhi syarat dalam melakukan vaksinasi.

Sedangkan untuk penggunaan GeNose, Danny mengaku alat itu akan digunakan secara berkala jika sekolah tatap muka sudah dimulai.

“GeNose nanti pemeliharaannya. GeNose bukan testing sehingga kita tidak mau berani awalnya pakai GeNose, nanti setelah itu per bulan kita pakai GeNose. Saya tidak mau bermain-main kalau anak-anak. Jadi saya harus pastikan testing,”pungkasnya. (ikbal/fajar)

Bagikan berita ini:
5
8
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar