Resmikan PSEL di Surabaya, Jokowi: Kecepatan Bekerja Pemkot Surabaya Patut Diacungi Jempol,

Kamis, 6 Mei 2021 17:35

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

FAJAR.CO.ID, SURABAYA — Presiden Joko Widodo meresmikan Pengolahan Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL) di Benowo, Surabaya, pada Kamis (6/5). Kehadiran Jokowi didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, dan Direktur PT Sumber Organik.

Sebelum meresmikan PSEL, Jokowi menyatakan bangga. Dia mengaku sudah berusaha mendirikan PSEL sejak menjadi Wali Kota Solo. Namun belum terealisasi.

”Tidak bisa merealisasikan pengelolaan sampah ke listrik seperti yang sejak dulu saya inginkan di Kota Solo saat jadi wali kota,” tutur Jokowi.

Jokowi menjelaskan, PSEL sudah dimulai pembangunannya sejak 3 tahun lalu. Setelah menjadi presiden, dia menyiapkan perpres dan PP karena belum bisa melakukan hal itu sebelumnya.

”Proses pengelolaan sampah yang sebentar lagi kita lihat, ini sudah sejak 2018. Berarti 3 tahun yang lalu. Saya siapkan perpresnya. Saya siapkan PPnya. Karena pengalaman yang saya alami, sejak 2008, masih jadi wali kota, kemudian menjadi gubernur, kemudian menjadi presiden. Nggak bisa merealisasikan,” ujar Jokowi.

Sehingga keluar Perpres 2018 mengenai investasi. Kemudian Perpres 35 Tahun 2018 mengenai tarif listrik untuk memastikan pemda berani mengeksekusi. Jokowi mengungkapkan, dia mendapat laporan pemerintah daerah takut mengeksekusi karena dipanggil kejaksaan.

”Dipanggil KPK. Karena apa? Payung hukum nggak jelas. Memutuskan sulit. Ada tambahan PP mengenai pengelolaan barang daerah. Tapi memang kecepatan bekerja Pemkot Surabaya patut diacungi jempol,” ujar Jokowi.

Bagikan berita ini:
4
10
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar