Vaksin AstraZeneca Masuk Sulsel, Diprioritaskan Bagi TNI

Kamis, 6 Mei 2021 10:42

ILUSTRASI. (int)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Jatah vaksin Sinovac kian menipis. Beberapa kabupaten/kota akan kehabisan stok pekan ini, termasuk untuk Makassar.

Padahal baru-baru ini Sulsel kedatangan vaksin sebanyak 5.680 vial atau 55.861 dosis saja. Makassar mendapat jatah yang cukup besar, yakni sebanyak 2.010 vial. Tetapi ini hanya cukup untuk sepekan saja.

“Sekarangkan kalau Makassar memang menipis. Hanya cukup sampai pekan ini saja. Mudah-mudahan kita secepatnya mendapat stok vaksin Sinovac dari pemerintah pusat,” beber Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Diskes Sulsel, Nurul AR, kepada FAJAR, kemarin.

Selain itu, pihaknya juga mendapat tambahan vaksin jenis lain. Yakni vaksinAstraZeneca yang masuk, Selasa 4 Mei kemarin. Kata dia, jumlahnya tak banyak untuk tahap pertama ini. Hanya 1.210 vial atau 12.100 dosis.

Nurul menjelaskan, vaksin jenis ini diprioritaskan untuk anggota dan purnawirawan TNI. Kemudian jika masih ada sisa, diberikan untuk vaksin ASN.“Rencananya khusus TNI kita mulai setelah Lebaran, mungkin tanggal 18 Mei. Sementara kami diskusikan apakah akan terpusat di Makassar atau di daerah masing-masing,” bebernya.

Dia mengakui jenis vaksin ini memang baru masuk di Sulsel. Selain itu sempat kontroversial, lantaran ada yang meninggal dunia pasca mendapat vaksin tersebut. Selain itu sempat difatwakan haram oleh MUI.

Namun, kata dia, badan otoritas kesehatan dunia sudah melegalkan penggunaan vaksinini. “Selain itu beberapa negara juga sudah memakainya. Termasuk sejumlah provinsi di Indonesia. Kebetulan memang Sulsel baru kebagian tahap awal, dan masih ada lagi nantinya,” tambahnya. (ful/fajar)

Bagikan berita ini:
7
2
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar