Bacaan Arab Gus Miftah Dinilai Belepotan, Tokoh NU Beri Sindiran Pedas

Sabtu, 8 Mei 2021 15:04

Gus Miftah

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Tokoh NU, Umar Sadat Hasibuan atau Gus Umar menyindir Miftah Maulana Habiburrahman atau Gus Miftah terkait bacaan kitab arab yang dinilai kacau. Gus Umar mengaku merasa geli melihat apa yang dibacakan Gus Miftah.

“Balada Si Miftah. Pengen dianggap ngerti Hadits tapi jadi keliatan Gak ngerti Nahwunya. Jadi geli,” kata Gus Umar di Twitter-nya, Sabtu (8/5).

Sebelumnya, salah seorang Ustad mengoreksi bacaan Gus Miftah terkait dalil dari imam hanafi yang berbicara tentang hukum seorang muslim masuki gereja.

Dalil itu sengaja dibacakan Gus Miftah untuk merespon sejumlah komentar negatif tentang dirinya yang berceramah di Gereja. Gus Miftah kemudian membacakan kitab tersebut melalui Handphone-nya.

“Yaro alhanafia annahu yukrohu lilmuslim tuhukhulil bi ahwal kanasiyah,” demikian kutip Gus Miftah.

Bacaan tersebut dinilai kacau dan berantakan oleh Ustad tersebut. Dia pun kemudian menjelaskan satu persatu kata yang diucap Miftah.

“Harusnya dukhuulu. Bukan dukukhulil. Di sini menjadi naibul fa’il yang dibaca rofa. Bukan Dukhulil. Dukhulil itu apa maksudnya,” kata Ustad tersebut dalam video yang ikut diunggah Gus Umar di akun Twetter-nya.

“Wal kanasiyah. Ga ada kanasiyah. Yang ada kanisah. Atau kanisatu atau kanisati. Kanisati maknanya Gereja. Kalau kanasiyah ga ada ini (maknanya),”

“Ternyata banyak kesalahannya. Kacau, bacaan yang kacau,” jelas Ustad tersebut. (dal/fin).

Bagikan berita ini:
3
6
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar