Ditiadakan Tahun Ini, Pendaftaran CPNS Guru Kemungkinan Dibuka 2022

Sabtu, 8 Mei 2021 09:17

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, Imran Jausi.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah secara resmi meniadakan pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Guru tahun anggaran 2021.

Meski demikian, berdasarkan notulensi rapat virtual persiapan pengadaan CASN tahun 2021 yang diselenggarakan pada Kamis, (6/5/2021) lalu, ditegaskan bahwa pengusulan CASN TA 2022 dimulai bulan Juni dan paling lambat Juli 2021.

Kepala BKD Sulsel, Imran Jausi mengakui, seleksi CPNS guru berpotensi diperadakah di tahun 2022 mendatang. Pasalnya, kata Imran, Kemenpan-RB telah meminta pemda menyetorkan usulan CASN, baik PNS dan PPPK tahun depan, paling lama Juli mendatang.

“Bisa saja, kita akan usulkan CPNS guru tahun depan. Bergantung kebutuhan, apalagi kalau banyak guru PNS pensiun. Harus kami diskusikan dengan Disdik juga. Karena memang, guru PPPK ini tak bisa pegang jabatan di sekolah,” katanya, Jumat, (7/5/2021).

Terpisah, Pakar Pendidikan UNM Prof Arismunandar menyayangkan tak tersedianya formasi khusus CPNS untuk guru di tahun 2021.

“Kalau benar tak ada formasi PNS, pasti ini sangat disayangkan. Makin hari, kebutuhan guru PNS semakin banyak. Sementara pemerintah hanya menerima PPPK, lulusan keguruan bisa saja berpaling nantinya,” tuturnya.

Ia berharap, tetap ada ruang untuk pengangkatan guru PNS. Supaya bisa mengembalikan minat lulusan untuk mengajar di sekolah.

“Jangan sampai ditiadakannya CPNS guru, menghilangkan kesempatan bagi mereka yang ingin jadi guru tetap,” pungkasnya. (selfi/fajar)

Bagikan berita ini:
1
10
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar