Formasi CPNS, Pemprov Sulsel Dapat Jatah 8371 Guru PPPK

Sabtu, 8 Mei 2021 07:44

Imran Jausi

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah pusat resmi mengumumkan jumlah formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) yang ditetapkan untuk masing-masing daerah, termasuk formasi guru.

Berdasarkan data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, untuk tahun ini Pemprov mendapatkan jatah kuota formasi PPPK Guru sebesar 8371.

Kepala BKD Sulsel, Imran Jausi mengatakan, jumlah yang ditetapkan pemerintah pusat cukup besar, setelah sebelumnya diusulkan sebesar 9493.

“Jumlah yang kita usulkan memang cukup besar, karena hitungannya sesuai Dapodik. Tetapi, tak semua bisa diakomodasi. Ada sekitar 1.122 yang tak masuk dalam formasi usulan kita tahun ini untuk PPPK guru,” katanya, ketika dutemui di ruang kerjanya, Jumat, (7/5/2021).

Mantan Kepala BPSDM Sulsel ini mengakui, penerimaan guru tahun ini difokuskan untuk menampung para honorer. Utamanya, untuk mereka yang sudah mencapai usia maksimal untuk syarat menjadi PNS. Yakni sudah berusia di atas 35 tahun.

Kendati demikian, kata Imran, penerimaan CPNS guru berpotensi dibuka tahun 2022. Apalagi Kemenpan-RB telah meminta pemda menyetorkan usulan CASN, baik PNS dan PPPK tahun depan, paling lama Juli mendatang.

“Bisa saja, kita akan usulkan CPNS guru tahun depan. Bergantung kebutuhan, apalagi kalau hanyak guru PNS pensiun. Harus kami diskusikan dengan Disdik juga. Karena memang, guru PPPK ini tak bisa pegang jabatan di sekolah,” imbuhnya. (selfi/fajar)

Bagikan berita ini:
3
9
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar