Kena Tipu Investasi Apartemen, Mantan Mendag Gita Wirjawan Rugi Rp 23 M

Sabtu, 8 Mei 2021 10:16

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– – Eks Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan nampaknya bisa bernafas lega setelah menjadi korban penipuan investasi berkedok pembangunan apartemen. Dalam kasus ini Gita dilaporkan menderita kerugian hingga Rp 33 miliar melalui anak perusahaan Ancora Group, PT MAJ Bekasi Sejahtera.

Harry H Goenawidjaja, 47, selaku terlapor dalam kasus penipuan ini dinyatakan bersalah oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Harry dinyatakan terbukti bersalah melakukan penggelapan dan pencucian uang sesuai Pasal 372 KUHP Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP dan Pasal 3 Jo Pasal 2 ayat (1) huruf t Jo Pasal 10 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang Jo Pasal 55 Ayat (1) Ke 1 KUHP.

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa Harry H Goenawidjaja, tersebut oleh karena itu dengan pidana penjara selama 8 tahun dan denda sejumlah Rp 1 miliar dengan ketentuan jika denda tidak dibayar harus diganti dengan pidana kurungan selama 6 bulan,” ucap Hakim Ketua Yosdi sebagaimana dilansir dari dokumen Direktori Putusan Mahkamah Agung.

Kasus ini bermula sekitar bulan November 2017. Saat itu Ancora Group yang diwakili oleh saksi Tommy Hermin Santoso selaku Direktur Utama PT MAJ Bekasi Sejahtera dan saksi Juanto Salim diperkenalkan oleh Sugeng Purwanto selaku perantara kepada PT. IDE Cipta Realti yang diwakili oleh saksi Irza Ifdial selaku Direktur Utama Harry Goenawidjaja selaku Komisaris Utama.

Bagikan berita ini:
8
6
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar