Krisis Darah Jelang Lebaran, PMI Bakal Gelar Gerai Donor di 8 Lokasi Besok

Sabtu, 8 Mei 2021 23:03

Ilustrasi stok darah

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Mendekati hari raya Idul Fitri yang tinggal beberapa hari lagi Palang Merah Indonesia (PMI) kota Makassar kembali menggalakan donor darah. Kali ini menyasar komunitas keagamaan di kota Makassar.

Kegiatan donor darah tersebut untuk menyuplai stok darah di PMI kota Makassar selama hari raya Idul Fitri.

“Ini dilakukan untuk memastikan kebutuhan darah H-2 dan H+3 Idul Fitriitri dapat tercover,” ujar Khudri Arsyad kepada fajar.co.id, Sabtu (8/5/2021).

Diketahui saat ini stok darah di PMI kota Makassar sedang krisis, sedangkan permintaan darah dari rumah sakit tetap banyak.

“Stok darah di UTD PMI Kota Makassar tanggal 8 mei 2021 jam 21.00 WITA berjumlah 452 kantong dimana 32 kantong diantaranya 7% dari jumlah keseluruhan adalah darah dari keluarga pasien,” lanjutnya.

Angka tersebut hanya dapat mengcover kebutuhan darah kurang dari satu minggu. Olehnya PMI kota Makassar bakal melakukan pembukaan gerai donor darah di 8 lokasi berbeda pada hari esok, Minggu (9/5/2021).

8 lokasi tersebut diantaranya, Masjid Al Markaz, Vihara Arama Maha Budha, Gereja Paroki Kare, Gereja Katedral Makassar, Gereja YHS Makassar, Gereja Filadefia dan Yayasan Sosial Budi Luhur Makassar.

Dari 8 lokasi tersebut ditargetkan dapat mengisi stok darah selama hari raya Idul Fitri mendatang. (Zaki/fajar)

Bagikan berita ini:
6
7
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar