Minta Jokowi Jangan Diam soal WN Tiongkok, Anggota Komisi IX: Warga Sedang Sensitif dengan Larangan Mudik

Sabtu, 8 Mei 2021 20:41

Netty Prasetiyani Aher.

FAJAR.CO.ID — Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelajaskan secara transparan masuknya WN Tiongkok ke Indonesia.

Pasalnya, jika pemerintah tidak menjelaskan secara gamblang kepada masyarakat, dikhawatirkan akan menjadi bola liar di tengah masyarakat.

“Agar isu ini tidak menjadi bola liar, pemerintah harus transparan menjelaskan ke publik alasan dan tujuan mereka masuk Indonesia,” ujarnya kepada Pojoksatu.id (jaringan FAJAR.CO.ID) di Jakarta, Sabtu (8/5/2021).

Apalagi, lanjut Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu masuknya WN Tiongkok itu di tengah kebijakan pemerintah melarang mudik Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah.

“Masyarakat sedang sensitif dan resah karena pelarangan mudik lebaran yang merupakan tradisi tahunan,” tutur Netty.

“Tapi di sisi lain pemerintah membuka pintu masuk bagi WN Tiongkok ke Indonesia, ini perlu dipertanyakan,” sambungnya.

Oleh karena itu, anak buah Ahmad Syaikhu itu meminta pemerintah melakukan pengetatan proses masuknya WNA atau WN Tiongkok ke Indonesia

“Jika tidak ingin menuai badai, pemerintah harus waspada. Prokes terhadap WNA yang masuk ke Indonesia harus dilakukan dengan sangat ketat,” pungkas Netty.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Imigrasi membenarkan adanya puluhan warga negara China yang tiba di Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten pada Selasa (4/5/2021).

Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi, Arya Pradhana Anggakara mengatakan, selain puluhan warga negara China, ada juga tiga warga negara Indonesia yang ikut masuk dengan pesawat sewaan yang sama.

Bagikan berita ini:
10
9
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar