Peringatan BMKG! Daerah Ini Rawan Hujan Lebat Disertai Petir

Sabtu, 8 Mei 2021 14:50

Ilustrasi hujan lebat (foto radar tegal)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sejumlah provinsi diminta waspada dengan potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang. Peringatan ini dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Sabtu (8/5).

Beberapa wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang adalah Aceh, Banten, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, dan Jawa Barat.

Selain itu, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Lampung, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Papua, Papua Barat, Riau. Kemudian Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan.

“Khusus di wilayah DKI Jakarta, diprediksi potensi hujan disertai kilat dan angin kencang di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur pada siang dan sore hari,” kata tulis BMKG dalam keterangannya, Sabtu (8/5).

Sementara di Jawa Barat potensi hujan disertai petir dan angin kencang hampir merata di kabupaten dan kota. Seperti di Bekasi, Depok, Ciamis, Kota Bogor, Pangandaran, Purwakarta, Karawang, Subang, Indramayu, Cirebon, Kuningan. Kemudian Sumedang, Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Banjar, Majalengka, dan wilayah Bandung Raya.

“Masyarakat diminta memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran. Terutama pada perahu nelayan, kapal tongkang, kapal Ferry, dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar,” kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati. (fin/fajar)

Bagikan berita ini:
3
8
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar