Ibu Hamil Boleh Lintas Kabupaten, Asal…

Minggu, 9 Mei 2021 11:36

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Larangan mudik gencar dilakukan oleh aparat terkait. Mereka yang terlibat mulai dari Polri, TNI, dan pihak pemerintahan setempat.

Di Kabupaten Gowa sendiri, ada 452 personel gabungan yang dikerahkan untuk berjaga di wilayah perbatasan dengan Kabupaten Takalar.

Lalu, bagaimana dengan ibu hamil yang hendak kembali ke kampung halamannya atau yang berasal dari luar wilayah Gowa, yang hendak bersalin ke Kota Makassar?

Kasubbag Humas Polres Gowa, AKP Mangatas Tambunan, mengatakan, setiap ibu hamil yang hendak keluar daerah diwajibkan hanya ditemani oleh satu orang keluarganya.

“Kalau ibu hamil boleh dan ditemani satu orang pendamping,” katanya, Minggu (9/5/2021).

Diketahui, Pemprov Sulsel hanya memperbolehkan masyarakat untuk mudik di beberapa wilayah saja. Yaitu Makassar, Gowa, Takalar, dan Kabupaten Maros.

Selain dari itu dilarang. Kepala Dinas Perhubungan Sulawesi Selatan (Sulsel), Muhammad Arafah mengatakan, bagi transportasi darat terdapat 7 poin pengecualian.

“Pertama dalam kawasan aglomerasi Makassar – Maros – Gowa – Takalar. Kedua, bekerja/perjalanan dinas bagi ASN, BUMN/BUMD, Polri, TNI, swasta yang dilengkapi surat tugas tanda tangan basah dan cap basah,” kata Arafah.

Selain itu, kata Arafah ada juga kebijakan bagi orang yang akan mengunjungi keluarga yang sakit maupun yang meninggal.

Kemudian bagi ibu hamil cukup satu pendamping, melahirkan 2 pendamping, dan bagi yang membutuhkan pelayanan kesehatan secara darurat.

Bagikan berita ini:
10
5
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar