Kredit Produktif Kian Menggeliat, Program KUR ke Petani Putus Mata Rantai Rentenir

Minggu, 9 Mei 2021 13:26

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Penyaluran kredit di Bank Sulselbar cabang Jeneponto terpacu. Itu berkat adanya promo kredit dan kemudahan akses bagi konsumen termasuk para petani.

Pemimpin PT Bank Sulselbar Cabang Jeneponto, Hasanuddin Mallingkai menyampaikan, di triwulan pertama tahun ini kinerja penyaluran kredit dan DPK menunjukkan progres yang positif.

Kenaikan permohonan kredit tersebut antara lain didorong dengan adanya sejumlah strategi korporasi. Antara lain adanya promo penurunan suku bunga di angka 0,49 persen

“Secara yoy naik sekitar 26 persen,” ungkapnya di Makassar, Sabtu (9/5/2021).

Promo bunga tersebut khusus untuk kredit komsumtif ASN. Jangka waktu promo belum ada waktu yang ditentukan.

“Promo penurunan suku bunga masih berlaku hingga ada keputusan dari manajemen pusat,” jelasnya.

Selain sektor komsumtif, kredit di sektor produktif termasuk KUR juga menunjukkan kinerja yang oke. Contohnya penyaluran pilot project di wilayah Sulselbar selain Gowa dan Takalar ke petani jagung yang jadi salah satu penyumbang serapan kredit.

Pola penyaluran dengan sistem kemitraan. Bank Sulselbar memfasilitasi pemberian pupuk hingga kebutuhan lainnya.

“Semangat kami juga dari program KUR ini karena mau memutus mata rantai rentenir agar petani semakin berdaya,” imbuhnya.

Pihaknya menegaskan BPD terus meningkatkan kinerja dengan tujuan agar BPD tak lagi dianggap hanya mengelola dana pemerintah.

Bagikan berita ini:
8
10
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar