Dampak Kenaikan Tarif Tol, Harga Bahan Pokok Berpotensi Melonjak

Senin, 10 Mei 2021 21:04

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemberlakuan tarif tol baru berpotensi berimbas terhadap kenaikan tarif jasa angkutan logistik. Ujung-ujungnya, harga bahan pokok juga diprediksi akan ikut naik.

PT Makassar Metro Network (MMN) secara resmi memberlakukan tarif baru di seluruh gerbang Tol Makassar.

Penerapan tarif baru berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat No. 552/KPTS/M/2021 tentang penetapan golongan jenis kendaraan bermotor dan besaran tarif Jalan Tol Ujung Pandang Seksi 1, 2 dan 3.

Ketua Asosiasi Logistik Forwarder Indonesia (ALFI) Sulawesi Selatan, Syaifuddin Saharuddin, menyampaikan dengan adanya kebijakan kenaikan tarif tol tersebut pastinya akan berdampak terhadap naiknya jasa angkutan logistik.

“Pasti akan naik biaya angkutan logistik. Ini naiknya tinggi sekali, kalau cuman 20 persen tidak berpengaruh, tetapi ini 120 persen,” keluhnya saat dikonfirmasi, Senin (10/5/2021).

Pria yang karib disapa Ipho itu menegaskan pada dasarnya pihaknya tidak keberatan ada kenaikan. Asalkan kenaikan tersebut proporsional. Tidak tiba-tiba dan semuanya diberlakukan tarif sama.

“Kami kan tidak lewat di sana (tol layang Pettarani), kami hanya lewat ke Maros dan pelabuhan,” jelasnya.

Di sisi lain dirinya tidak menampik dampak lanjutan dari naiknya jasa tarif angkutan logistik akan berdampak ke konsumen.

“Kita juga kasihan. Jika harga biaya angkutan transportasi naik, maka harga jual juga pasti akan ikut naik juga,” jelasnya.

Bagikan berita ini:
6
6
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar