Bangkit dari Krisis, BSN Fasilitasi Pembinaan UMKM Peralatan Kesehatan

Selasa, 11 Mei 2021 17:57

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Keterlibatan seluruh pihak sangat diperlukan dalam membangkitkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari krisis akibat dampak pandemi dan mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Badan Standardisasi Nasional melakukan sejumlah aksi nyata untuk membantu mengatasi pandemi ini. Salah satunya dengan memfasilitasi pembinaan UMKM yang memproduksi peralatan kesehatan.

Kepala BSN, Kukuh S. Achmad mengatakan BSN memfasilitasi pembinaan UMKM untuk mendukung pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. Fasilitasi tersebut dilakukan pada industri masker, deterjen cair, dan madu.

Bukti keseriusan atas diraihnya sertifikat tanda SNI ini patut diapresiasi. Dikarenakan, upaya penerapan standar sampai mendapatkan sertifikat pastinya melalui proses yang tidak mudah.

Mulai dari tahapan pemahaman dan kesadaran, kebijakan pimpinan yang kuat, komitmen seluruh personel dari semua level, penyiapan sistem dan prosedur yang relevan sesuai dengan kebutuhan, serta implementasi standar yang konsisten.

“Saya bangga akan nasionalisme mereka. Kendati SNI masker medis dan masker kain diberlakukan secara sukarela, namun mereka berkomitmen untuk menjamin kualitas produk sesuai SNI,” ujar Kukuh dalam keterangannya, Selasa (11/5/2021).

Kukuh berharap, keberhasilan pelaku usaha yang merupakan binaan dari Kantor Layanan Teknis BSN (KLT BSN) yang tersebar di 4 wilayah di Indoensia ini bisa memberikan teladan dan inspirasi bagi pelaku usaha yang lain untuk menerapkan SNI secara sukarela, dan tentunya mensukseskan program pemerintah, bangga menggunakan produk Indonesia serta mendukung program pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19. (endra/fajar)

Bagikan berita ini:
8
10
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar