Antisipasi Penyebaran Covid-19, 1000 Personel Satgas Raika Disebar di Titik Pelaksanan Salat Id

Rabu, 12 Mei 2021 20:27

ILUSTRASI (IST)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Lebaran Idulfitri 1442 H berlangsung besok, Kamis (13/5/2021). Pelaksanaannya harus mematuhi protokol kesehatan. Sebab, pandemi Covid 19 masih mewabah.

Pemerintah Kota Makassar, bakal menerjunkan Satuan Tugas Pengurai Kerumunan (Satgas Raika) untuk mengawasi protokol kesehatan di titik pelaksanaan salat id besok.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menegaskan, pihaknya tidak ingin kerumunan terjadi saat pelaksanaan salat id. Apalagi menjelang salat maupun usai salat.

“Satgas Raika mengatur keluar masuknya orang memastikan bahwa keluar masuk tidak mengalami penumpukan,” kata Danny, Selasa (12/5/2021).

Selain itu, Danny menyebut juga ada Tim camat, lurah dan RW untuk memastikan seluruh prosedur acara tempat dan waktu.

“Khusus master dan detektor memastikan bahwa semua kualitas penyelenggaraan salat Idulfitri taat protokol kesehatan. Kemudian SKPD memastikan dua-duanya taat protokol dan tidak ada kekurangan dalam penyelenggaraan,” tutur Danny.

Danny mengatakan pemerintah kota juga bekerja sama dengan TNI dan Polri untuk terlibat memastikan protokol kesehatan berjalan dengan baik.

“Camat dan lurah sudah tahu apa tugasnya, dia akan menyebar petugasnya masing masing ke titik salat,” kata Danny.

Ia menilai, saat ini, titik salat Idulfitri mengalami pengurangan tempat. Danny mengatakan ada 1700 masjid yang tercatat di Kota Makassar, sementara titik salat yang terdata dari seluruh RW berkisar 800an titik.

Bagikan berita ini:
1
4
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar